Terbaru$type=carousel$cat=0$cols=4$ico=1$va=0$show=home

Cara Menghapus Cache Google Chrome Yang Mudah dan Praktis

Google Chrome anda mulai lambat dan berat? Mau tahu cara mengatasinya? Simak cara menghapus cache Google Chrome untuk mengembalikan performanya berikut ini!

cara menghapus cache chrome

Pada tulisan kali ini admin akan berbagi mengenai cara menghapus cache google chrome. Tapi sebelum membahas lebih jauh lagi sangat penting untuk mengetahui terlebih dahulu pengertian dari cache browser dan juga cara kerjanya.

Apa Itu Cache Browser? Berikut Penjelasanya!

Google Chrome maupun aplikasi browser lainnya menggunakan teknologi cache yang berfungsi menyimpan data sementara dengan tujuan untuk membuat loading website menjadi lebih cepat. Cache browser menyimpan data statis dari website yang kita kunjungi di dalam memori lokal komputer, dengan demikian proses download data dari web server yang kita akses menjadi lebih cepat karena sebagian data akan diload dari tempat pentimpanan di komputer lokal tadi, jadi tidak semua data didownload dari web server.

Oleh karena itu dengan caching elemen data website berupa HTML, CSS, JS maupun gambar, browser akan mengurangi secara drastis waktu loading dari website yang pernah kita akses. Kumpulan dari data yang disimpan di lokasi penyimpanan cache ini disebut dengan istilah cache data. Apabila browser diminta untuk loading data tertentu dari website yang sedang kita akses, maka yang dilakukan pertama kali adalah browser akan memeriksa ketersediaan data di penyimpanan lokal, apabila tidak ditemukan selanjutnya browser akan mengirimkan permintaan ke web server kemudian menyimpannya sebagai cache data.

Mengapa Cache Data Perlu Dibersihkan?

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa cache data disimpan di memori lokal komputer, sejalan dengan semakin banyaknya data yang disimpan Chrome untuk mempercepat loading website, selain memakan disk space data yang terlalu banyak dan menumpuk dapat menyebabkan Chrome menjadi lambat. Hal ini disebabkan oleh beban data yang berat sehingga kinerja Chrome tidak lagi maksimal dan pada saat hal ini terjadi, kita tak lagi merasakan kenyamanan menggunakan Google Chrome.

Terkait hal tersebut salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan performa Chrome adalah dengan menghapus cache data yang tersimpan di komputer secara berkala.

Cara Menghapus Cache Google Chrome

Setelah mengetahui dampak dari cache data yang sudah terlalu banyak dan perlunya menghapus cache data secara berkala, maka yang perlu diketahui selanjutnya adalah bagaimana cara menghapus cache Google Chrome yang tersimpan di komputer? Mari simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Buka Google Chrome, kemudian klik menu Customize and control Google Chrome di pojok kanan atas. Selanjutnya pilih More tools, kemudian klik Clear browsing data, atau bisa juga dengan menekan tombol Ctrl+Shift+Del pada keyboard, seperti tampak pada gambar berikut:

clear cache di google chrome

Selanjutnya akan muncul jendela berikut:


Tampilan jendela dari menu Clear browsing data ini bisa saja berbeda sesuai dengan versi dari Google Chrome yang anda gunakan. Pada contoh ini admin menggunakan Chrome versi 97.0.3945.130.

2. Pada Time range, pilih All time untuk menghapus semua data dari awal.
3. Lakukan centang pada pilihan data yang akan dihapus (history, cookies, cached).
4. Selanjutnya klik tombol Clear data dan tunggu sampai proses selesai.

Setelah proses Clear data selesai anda dapat menggunakan kembali Google Chrome seperti biasanya, dan anda akan merasakan perbedaan dari sisi kecepatan Chrome sebelum dan sesudah dilakukan penghapusan cache data.

Kesimpulan

Nah sobat blog-gandrung sekalian, sampai disini tentunya anda sudah dapat mengetahui dengan jelas apa itu cache browser, cache data, bagaimana cara kerjanya? Apa pengaruhnya kepada kinerja browser dan bagaimana cara menghapus cache Google Chrome untuk kembali meningkatkan performanya.

Pada aplikasi browser yang lain bisa saja caranya dan menunya sedikit berbeda tapi pada dasarnya prinsipnya tetap sama. Demikian tulisan yang bisa admin share kali ini, semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi sobat pembaca sekalian.

COMMENTS

Name

Berita,1,Gaya Hidup,5,Hobi,1,Ilmu Komputer,2,Inspirasi,2,Kesehatan,7,Teknologi,3,Tips dan Trik,7,Ulasan,4,
ltr
item
Blog ragam info, ulasan, tips dan trik, hobi dan hal menarik dan inspiratif lainnya.: Cara Menghapus Cache Google Chrome Yang Mudah dan Praktis
Cara Menghapus Cache Google Chrome Yang Mudah dan Praktis
Google Chrome anda mulai lambat dan berat? Mau tahu cara mengatasinya? Simak cara menghapus cache Google Chrome untuk mengembalikan performanya berikut ini!
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgEeJoUKcyGoDV6A4_Xsuj-KpKDFYjvMT9Xwxhtc4ptUgmaSXvGtKYcfIqMY-f0rsmri2SkT3vkjSrMQtyVQgrJTSRUaJ6PHMPsgaeM_0eE8dtK1sLPMRhsP1mi7e8jBTYTL9hYUyBiXA/s1600/cara-menghapus-cache-google-chrome.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgEeJoUKcyGoDV6A4_Xsuj-KpKDFYjvMT9Xwxhtc4ptUgmaSXvGtKYcfIqMY-f0rsmri2SkT3vkjSrMQtyVQgrJTSRUaJ6PHMPsgaeM_0eE8dtK1sLPMRhsP1mi7e8jBTYTL9hYUyBiXA/s72-c/cara-menghapus-cache-google-chrome.png
Blog ragam info, ulasan, tips dan trik, hobi dan hal menarik dan inspiratif lainnya.
https://blog-gandrung.blogspot.com/2020/02/cara-menghapus-cache-google-chrome.html
https://blog-gandrung.blogspot.com/
https://blog-gandrung.blogspot.com/
https://blog-gandrung.blogspot.com/2020/02/cara-menghapus-cache-google-chrome.html
true
1502485339729524609
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy