Terbaru$type=carousel$cat=0$cols=4$ico=1$va=0$show=home

Cara Cepat Menaikkan Trombosit Saat Demam Berdarah

Trombosit TURUN karena DBD? Bagaimana Meningkatkan Trombosit? Ini Cara Cepat Menaikkan Trombosit Saat Demam Berdarah.

Cara Cepat Menaikkan Trombosit Pada Penderita Demam Berdarah

Trombosit merupakan salah satu komponen darah yang penting bagi tubuh, perannya sangat penting dalam pembekuan darah normal sehingga sangat membantu dalam menghentikan pendarahan pada saat terjadi luka atau kerusakan di pembuluh darah. Dikarenakan perannya yang sangat penting apabila kadar trombosit dalam tubuh turun atau lebih kecil nilainya dari normal, maka perlu dilakukan cara menaikkan trombosit secepatnya. Lalu bagaimana cara cepat menaikkan trombosit saat demam berdarah? Mari kita simak terus pembahasannya!

Kenapa Trombosit Turun?

Kondisi saat jumlah trombosit rendah di bawah nilai normal dikenal dengan istilah Trombositopenia. Jika jumlah trombosit kurang dari 150.000/mikroliter, maka seseorang bisa dianggap mengalami Trombositopenia (kekurangan trombosit). Trombosit dalam darah yang normal jumlahnya antara 150.000 - 450.000 per mikroliter. Kurangnya jumlah trombosit dapat menyebabkan darah sulit membeku, efeknya seseorang akan rentan mengalami pendarahan, seperti gusi sering berdarah, mimisan dan mudah mengalami lebam.

Kenapa trombosit turun? Turunnya kadar trombosit dapat disebabkan oleh banyak faktor diantaranya gangguan kesehatan dan penyakit lainnya seperti:

  • Demam Berdarah.
  • Anemia Aplastik, yaitu penyakit gangguan sel darah yang disebabkan oleh sumsum tulang gagal menghasilkan sel darah.
  • Leukemia (kanker sel darah).
  • Kehamilan dan Persalinan.
  • Idiopathic Trombocytopenic Purpura (ITP), yaitu kelainan pada sel pembekuan darah yakni trombosit yang jumlahnya menurun sehingga menimbulkan pendarahan).
  • Efek samping penggunaan obat-obat tertentu, seperti obat diuretik bisa mengganggu produksi trombosit di dalam tubuh.
  • Gangguan sistem kekebalan tubuh.
  • Infeksi Virus, seperti cacar air, rubella, HIV/AIDS, gondok adalah jenis virus yang dapat menyebabkan produksi trombosit menurun.
  • Efek samping Radioterapi dan Kemoterapi.

Gejala Akibat Trombosit Turun

Turunnya kadar trombosit sangat berbahaya karena tubuh akan mudah sekali mengalami pendarahan. Berikut beberapa gejala pendarahan yang dapat timbul akibat turunnya trombosit diantaranya:
  • Mimisan (epistaksis), yaitu pendarahan yang keluar dari hidung.
  • Gusi Berdarah, saat trombosit menurun gusi mudah sekali berdarah bahkan saat anda menyikat gigi.
  • BAB yang berdarah atau berwarna kehitaman.
  • Hematuria, yaitu penyakit yang ditandai dengan adanya darah pada urin.
  • Mudah Memar
  • Muntah Darah

Bagaimana Cara Cepat Menaikkan Trombosit Saat Demam Berdarah?

Penyakit demam berdarah masih merupakan momok yang menakutkan bagi masyarakat kita, keterlambatan dalam penanggulangannya dapat mengakibatkan kematian bagi si penderita. Gejala yang paling khas dari penyakit DBD ini adalah munculnya bintik-bintik merah di seluruh tubuh disetai demam tinggi dan turunnya kadar trombosit secara signifikan. Maka dari itu perlu diketahui cara menaikkan trombosit secara cepat untuk menanggulangi DBD ini.

Berikut ini beberapa cara cepat menaikkan trombosit saat demam berdarah:

1. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Lemak Omega 3

Cara cepat menaikkan trombosit secara alami yang pertama adalah mengkonsumsi makanan yang kaya kandungan asam lemak omega 3. Beberapa jenis makanan yang mengandung asam lemak omega 3 diantaranya : ikan laut, minyak ikan, bayam dan terlur. Lemak omega 3 membantu meningkatkan kekebalan tubuh secara alami, sehingga membantu sumsum tulang memproduksi lebih banyak trombosit.

2. Konsumsi Jambu Biji

Mengkonsumsi jambu biji untuk menaikkan trombosit secara alami pada penderita demam berdarah sudah sangat dikenal di kalangan masyarakat luas. Bagaimana jambu biji menaikkan trombosit pada penderita demam berdarah? Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 mengungkapkan bahwa trombinol (zat aktif di dalam jambu biji), dapat merangsang trombopoietin lebih aktif sehingga dapat menghasilkan keping darah lebih banyak. Hal ini dapat membantu meningkatkan kadar trombosit penderita DBD.

Selain itu jambu biji juga kaya akan vitamin C yang sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Dalam setiap 100 gram jambu biji mengandung sekitar 228 mg vitamin C. Mengkonsumsi jambu biji saat menderita DBD dapat dilakukan dengan memakan langsung buahnya atau dalam bentuk jus.

3. Konsumsi Daun Pepaya

Mengkonsumsi daun pepaya mentah dipercaya dapat meningkatkan trombosit pada penderita demam berdarah. Daun pepaya mentah dapat dikonsumsi dalam bentuk jus agar lebih mudah. Sebagaimana dikutip dari Times of India senyawa fenolik, papain dan alkaloid yang dapat berperan sebagai antioksidan kuat dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh. 

Menurut penelitian yang dilakukan terhadap 400 pasien penderita demam berdarah, pemberian ekstrak daun pepaya terbukti dapat meningkatkan jumlah trombosit. Dari 400 pasien tersebut sebagian diberikan pengobatan standar untuk demam berdara dan sebagian lagi yang berada dalam kelompok kontrol diberikan dosis spesifik dari ekstrak daun pepaya dalam bentuk tablet. Hasilnya pasien yang berada pada kelompok kontrol memiliki jumlah trombosit yang lebih meningkat dan lebih sedikit efek samping selama terapi pepaya, bahkan mereka juga tidak memerlukan tranfusi darah.

4. Konsumsi Angkak

Selain jambu biji dan daun pepaya, mengkonsumsi angkak dipercaya dapat meningkatkan jumlah trombosit pada penderita DBD dengan cepat dan alami. Bahkan saat ini angkak sudah dibuat dalam bentuk teh siap seduh atau kapsul untuk membantu dan mempermudah penderita DBD mengkonsumsinya.

Pada tahun 2012 sebuah penelitian di IPB menunjukkan bahwa pemberian kapsul angkak dapat meningkatkan kadar trombosit pada tikus putih yang dibuat kadar trombosit dalam darahnya rendah. Sedangkan kita tahu bahwa pada penderita DBD memiliki kadar trombosit yang rendah sehingga memperparah penyakitnya.

Pembuktian manfaat angkak juga diperkuat oleh penelitian di Universitas Airlangga pada tahun 2013 yang dilakukan kepada dua kelompok pasien DBD dimana masing-masing kelompok terdiri atas 15 orang pasien. Satu kelompok pasien diberikan kapsul angkak dan kelompok yang lainnya tidak diberikan kapsul angkak. Hasilnya kadar trombopoietin (TPO) pada kelompok pasien yang diberikan kapsul angkak menurun. Pada pasien DBD kadar TPO berada pada kadar yang tinggi, kadar TPO pada pasien DBD berbanding terbalik dengan kadar trombositnya, sehingga penurunan kadar TPO merupakan hal yang baik bagi kesembuhan pasien DBD. Pada penelitian ini disebutkan angkak dapat meningkatkan kadar trombosit pada pasien DBD, hal ini mungkin disebabkan angkak dapat membantu meningkatkan pembentukan trombosit di sumsum tulang belakang (Trisnadjaja, 2006). Selain dapat membantu meningkatkan kadar trombosit, angkak juga memiliki efek anti peradangan dari metabolit, monakolin K, ankaflavin, dan monascin (Lin, et al., 2011).

5. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Vitamin B12 dan Asam Folat

Vitamin B12 dan Asam Folat berperan penting dalam memproduksi trombosit. Makanan yang kaya akan asam folat antara lain bayam, jeruk dan kacang. Sedangkan makanan yang kaya vitamin B12 antara lain telur, susu, keju, hati ayam, daging kambing, dan lainnya.

6. Konsumsi Makanan Yang Kaya Vitamin C

Vitamin C sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara alami, mengkonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C ataupun suplemen vitamin C dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit.

7. Perbanyak Minum Air

Sel-sel darah terbuat dari air dan protein, jadi apabila kita minum lebih banyak air, maka akan menghasilkan lebih banyak sel darah termasuk meningkatkan trombosit. Sebaiknya minum air hangat untuk membantu penyerapan nutrisi makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi lebih baik, karena meminum air dingin dapat memperlambat saluran pencernaan.

8. Cukup Istirahat

Istirahat yang cukup sangat membantu agar tubuh kembali fresh. Kondisi tubuh yang fresh dan lebih baik dapat membantu produksi trombosit yang lebih baik. Tidur setidaknya 7 sampai 8 jam dalam semalam, ini akan membantu tubuh beristirahat dengan baik.


Kesimpulan

Demikian beberapa cara cepat menaikkan trombosit saat demam berdarah yang dapat dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan pada penderita demam berdarah (DBD). Sampai disini tentunya kita dapat melihat bahwa semua cara untuk meningkatkan trombosit di atas adalah alami tanpa menggunakan obat kimia apapun. Jadi penurunan jumlah trombosit tidak selalu harus mengandalkan obat-obatan kimia tapi kita dapat juga mengupayakan cara-cara alami untuk meningkatkan trombosit dengan cepat pada penderita DBD.

COMMENTS

Name

Berita,1,Gaya Hidup,5,Hobi,1,Ilmu Komputer,2,Inspirasi,2,Kesehatan,7,Teknologi,3,Tips dan Trik,7,Ulasan,4,
ltr
item
Blog ragam info, ulasan, tips dan trik, hobi dan hal menarik dan inspiratif lainnya.: Cara Cepat Menaikkan Trombosit Saat Demam Berdarah
Cara Cepat Menaikkan Trombosit Saat Demam Berdarah
Trombosit TURUN karena DBD? Bagaimana Meningkatkan Trombosit? Ini Cara Cepat Menaikkan Trombosit Saat Demam Berdarah.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgZi43NsnDu_R6D4oIOb80sUY14GeCq5ehsZQesPGNepFNX04qk15Eg1BdmkEdzUQ__6A793cLKwSnB_LAA4FAHOxh3YOdhjzrXjJQGNEMSt33TK1vCFJgvP5AnSajnNpS6w5fmHnGtOg/s1600/cara-cepat-menaikkan-trombosit-saat-demam-berdarah.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgZi43NsnDu_R6D4oIOb80sUY14GeCq5ehsZQesPGNepFNX04qk15Eg1BdmkEdzUQ__6A793cLKwSnB_LAA4FAHOxh3YOdhjzrXjJQGNEMSt33TK1vCFJgvP5AnSajnNpS6w5fmHnGtOg/s72-c/cara-cepat-menaikkan-trombosit-saat-demam-berdarah.png
Blog ragam info, ulasan, tips dan trik, hobi dan hal menarik dan inspiratif lainnya.
https://blog-gandrung.blogspot.com/2020/01/cara-cepat-menaikkan-trombosit-saat-demam-berdarah.html
https://blog-gandrung.blogspot.com/
https://blog-gandrung.blogspot.com/
https://blog-gandrung.blogspot.com/2020/01/cara-cepat-menaikkan-trombosit-saat-demam-berdarah.html
true
1502485339729524609
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy