Terbaru$type=carousel$cat=0$cols=4$ico=1$va=0$show=home

10 Macam Manfaat Jambu Merah Untuk Kesehatan

Jambu merah atau jambu biji sangat kaya akan nutrisi dan manfaat yang dapat meningkatkan kesehatan anda. Apa saja manfaat jambu merah untuk kesehatan? SImak disini!

Manfaat Jambu Merah Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak kenal dengan jambu merah? Jambu merah atau biasa juga disebut dengan jambu biji merupakan buah yang umum dan sangat mudah diperoleh di sekitar anda, di warung, di pasar bahkan di kedai-kedai jus sekitar rumah bisa anda dapatkan.

Anda juga mungkin sudah pernah memakan dan menikmati rasanya, memang kalau dilihat sepintas tidak ada yang istimewa jika dibandingkan dengan buah apel atau anggur yang harganya jauh lebih mahal. Tapi tahukan anda dibalik itu semua buah jambu merah memiliki banyak manfaat yang luar biasa? Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai manfaat jambu merah untuk kesehatan?

Buah jambu merah kaya akan antioksidan dan nutrisi lainnya seperti vitamin C dan likopen. Selain itu jambu merah juga kaya akan serat. Mengkonsumsi sebuah jambu merah sehari dapat memberikan lebih banyak kebaikan dari yang pernah anda pikirkan. Bagaimana bisa? Teruskan saja membaca dan anda akan mengetahuinya!


Kelebihan Jambu Merah

Mengapa harus jambu merah, bukankah masih banyak buah lain yang rasanya lebih enak? Mungkin pertanyaan ini juga pernah muncul di pikiran kita. Untuk menjawab pertanyaan ini kita perlu melihat dulu keistimewaan dari buah jambu merah ini.  Kelebihan jambu merah terletak pada kandungan gizinya yang sangat kaya. Selain banyak mengandung vitamin C yang sangat penting untuk tubuh, jambu merah juga mengandung banyak nutrisi lain yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Berikut ini kandungan nutrisi yang terdapat dalam setiap 100 gram jambu merah:


Kandungan Gizi Jambu Merah
sumber : ilmupengetahuanumum dot com 
Bagaimana pendapat anda setelah melihat tabel kandungan nutrisi dari buah jambu merah
di atas? Walau hanya buah biasa tapi sangat kaya nutrisi bukan? Mungkin setelah ini kita tidak akan memandang sebelah mata lagi terhadap buah jambu merah.


Manfaat Jambu Merah Untuk Kesehatan

Melihat tabel kandungan nutrisi di dalam buah jambu merah di atas sebenarnya sudah cukup menjadi alasan bagi anda untuk segera memasukkan buah jambu merah ke dalam daftar buah yang wajib anda konsumsi. Dan jika anda mencari lebih banyak lagi alasan, berikut ini beberapa manfaat jambu merah yang luar biasa untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jambu merah kaya akan vitamin C, bahkan dalam jumlah yang sama buah jambu merah menawarkan lebih banyak vitamin dibandingkan dengan buah jeruk. Banyak penelitian yang memberitahukan kepada kita bagaimana vitamin C dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan patogen penyebab penyakit. Maka, jika batuk dan pilek terus mengganggu anda, cukup ambil dan konsumsi buah jambu merah.

Vitamin C juga melindungi sel-sel tubuh anda dari kerusakan. Anda tidak perlu khawatir akan kelebihan vitamin C, karena ia dapat larut dalam air dan kelebihannya tidak disimpan dalam tubuh tapi dibuang bersama dengan urin. PIlihlah buah jambu merah yang sudah matang karena saat itu itulah ia mengandung banyak vitamin C (ref).

2. Menjaga Kesehatan Jantung dan Usus

Jambu merah merupakan sumber makanan yang kaya akan serat, mengkonsumsi jambu merah dapat membantu anda menjaga kesehatan jantung dan usus. Serat membantu menurunkan kolesterol jahat yang dapat berkontribusi pada penyakit jantung. Bahkan kadar kalium dalam jambu merah membantu menurunkan tekanan darah.

3. Membantu Mencegah Kanker

Antioksidan likopen dan vitamin C yang terkandung dalam buah jambu merah dapat berperan melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker di dalam tubuh. Selain aktioksidan jambu merah juga kaya serat untuk membantu mencegah wasir dan kanker usus besar (ref).

4. Membantu Mengendalikan Diabetes

Kali ini serat yang terkandung dalam jambu merah kembali berperan, serat dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Serat juga mencegah sembelit yang menjadi masalah umum bagi penderita diabetes. Kandungan serat dalam buah meningkatkan jumlah dan variasi bakteri usus, hal ini membuat sistem pencernaan menjadi lebih sehat.

Sebuah penelitian di India membuktikan bahwa jambu biji (tanpa kulitnya) dapat membantu menurunkan kadar gula dan kadar koleterol darah, sehingga mengurangi resiko diabetes (ref).

5. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Satu buah jambu merah dapat memberikan anda 12% dari AKG serat, dan tentu saja ini baik bagi usus dan membantu menjada kesehatan perncernaan anda. Selain itu sifat antimikroba dan antispasmodiknya dapat mengobati sakit diare jadi tidak hanya daun jambu biji saja buahnya pun berkhasiat. Sifat antimikroba pada jambu merah ini juga dapat melawan mikroba usus dan mencegah infeksi pencernaan (ref).

6. Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat jambu merah untuk kesehatan lainnya yaitu, kandungan vitamin A di dalam buah jambu merah membantu miningkatkan penglihatan anda. Nutrisi ini dikenal juga untuk mengurangi resiko katarak dan degenerasi makula. Vitamin C yang berlimpah pada buah jambu merah juga berkontribusi untuk penglihatan yang lebih baik.

7. Meringankan Gejala Menstruasi

Dalam sebuah penelitian terhadap 197 orang wanita yang mengalami nyeri saat menstruasi mereka menemukan kelegaan setelah mengkonsumsi 6 mg per hari obat yang mengandung ekstrak jambu biji (ref). Penelitian lainnya di Afrika Selatan mengungkapkan efek spasmolitik ekstrak daun jambu biji dapat meringankan kram otot polos seperti otot rahim (ref).

8. Bermanfaat Bagi Kehamilan

Buah jambu merah merupakan sumber folat yang baik, yaitu nutrisi yang sangat penting selama kehamilan. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa nutrisi ini dapat mencegah cacat lahir pada bayi, terutama yang terkait dengan otak dan sumsum tulang belakang pada bayi (ref).

9. Membantu Meredakan Stress

Kandungan magnesium dalam buah jambu merah berperan penting dalam hal ini. Magnesium dikenal dapat melemaskan saraf dan otot tubuh, hal ini dapat membantu anda meredakan stress. Penelitian juga menemukan bahwa magnesium dapat membantu meringankan kecemasan pada individu (ref).

10. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin A dan C yang melimpah dalam buah jambu merah berperan penting disini, terutama vitamin C yang meningkatkan kekencangan kulit. Kandunagn antioksidan juga menjaga kulit anda dari kerusakan dan menunda tanda-tanda penuaan (ref).

Sifat antimikroba pada ekstrak buah jambu merah juga dapat digunakan untuk membantu mengobati jerawat karena efektif dalam menghilangkan bakteri yang menyebabkan jerawat (ref).


Kesimpulan

Bagaimana pendapat sobat blog-gandrung sekalian setelah mengetahui kandungan nutrisi dan manfaat dari buah jambu merah yang luar biasa di atas? Jelas buah jambu merah tidak sesederhana kelihatannya bukan? Jambu merah merupakan salah satu buah yang paling sederhana tapi juga paling bergizi.

Selain berbicara manfaatnya buah jambu merah ini merupakan buah yang hampir tidak memiliki efek samping. Jadi mulailah makan buah jambu merah hari ini dan anda akan mendapatkan semua manfaatnya.

Demikian MANFAAT JAMBU MERAH yang dapat admin share pada tulisan kali ini, dan tolong informasikan kepada admin apakah tulisan ini bermanfaat dan membantu anda? Untuk tanggapan dan saran, silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar!

COMMENTS

Name

Berita,1,Gaya Hidup,5,Hobi,1,Ilmu Komputer,2,Inspirasi,2,Kesehatan,7,Teknologi,3,Tips dan Trik,7,Ulasan,4,
ltr
item
Blog ragam info, ulasan, tips dan trik, hobi dan hal menarik dan inspiratif lainnya.: 10 Macam Manfaat Jambu Merah Untuk Kesehatan
10 Macam Manfaat Jambu Merah Untuk Kesehatan
Jambu merah atau jambu biji sangat kaya akan nutrisi dan manfaat yang dapat meningkatkan kesehatan anda. Apa saja manfaat jambu merah untuk kesehatan? SImak disini!
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEghRucyaWfcDYI7cF89qcIljMMrUzt23_A5bwUgYPUemXcGZTzn72UnzU7H_b-R20uPXYlgJgtJFbNQsozF-yZT8Ahq4Z0TIkXnM-773MUTbVYes-BlQzF860IEtovke7mEAfwuGgddJw/s640/manfaat-jambu-merah.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEghRucyaWfcDYI7cF89qcIljMMrUzt23_A5bwUgYPUemXcGZTzn72UnzU7H_b-R20uPXYlgJgtJFbNQsozF-yZT8Ahq4Z0TIkXnM-773MUTbVYes-BlQzF860IEtovke7mEAfwuGgddJw/s72-c/manfaat-jambu-merah.jpg
Blog ragam info, ulasan, tips dan trik, hobi dan hal menarik dan inspiratif lainnya.
https://blog-gandrung.blogspot.com/2019/12/manfaat-jambu-merah-untuk-kesehatan.html
https://blog-gandrung.blogspot.com/
https://blog-gandrung.blogspot.com/
https://blog-gandrung.blogspot.com/2019/12/manfaat-jambu-merah-untuk-kesehatan.html
true
1502485339729524609
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy