Terbaru$type=carousel$cat=0$cols=4$ico=1$va=0$show=home

Tips Cara Merawat Kulkas Agar Awet dan Tahan Lama

Mau tahu supaya kulkas di rumah awet dan tahan lama? Begini tips cara merawat kulkas dan perawatan kulkas yang benar.



Cara Merawat Kulkas - Dewasa ini penggunaan kulkas atau lemari es sebagai salah satu alat elektronik rumah tangga sudah bukan lagi merupakan barang mewah. Selain di rumah-rumah kulkas juga digunakan secara luas di berbagai bidang bisnis seperti cafe, toko-toko, restoran dan sebagainya. Sebagai barang elektronik tentu saja kulkas memiliki resiko untuk mengalami kerusakan seperti halnya barang-barang elektronik yang lainnya. Oleh karenanya cara merawat kulkas yang baik dan benar menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui agar kulkas tidak cepat rusak, awet dan tahan lama.

Dalam hal ini seringkali para pemilik kulkas atau lemari pendingin kurang memperhatikan dalam hal perawatan kulkas sehingga menimbulkan resiko kerusakan dan umur pemakaian kulkas menjadi lebih pendek dari yang seharusnya. Beberapa kerusakan yang dapat timbul akibat cara merawat kulkas yang kurang benar dan tidak teratur diantaranya adalah kompresor pendingin rusak, kulkas tidak dingin atau bahkan kulkas mati dan beberapa kerusakan yang lainnya.

Berdasarkan hal tersebut, berikut ini blog-gandrung memberikan beberapa tips cara merawat kulkas yang benar agar awet dan tahan lama.

Beberapa Tips Cara Merawat Kulkas Agar Awet dan Tahan Lama

Cara merawat kulkas pada dasarnya sangat sederhana sehingga dapat kita lakukan sendiri, bahkan dengan perawatan yang benar dapat menghemat konsumsi listrik. Berikut ini beberapa tips dalam melakukan perawatan kulkas :
  1. Pengisian kulkas sesuai dengan kapasitasnya, setiap produk kulkas memiliki spesifikasi masing-masing seperti halnya kapasitas yang berbeda-beda sesuai dengan merk dan tipenya. Isilah kulkas secara proporsional, jangan sampai kita memasukkan barang-barang yang jumlahnya melebihi kapasitas, karena semakin sedikit ruang sirkulasi maka kulkas akan bekerja lebih keras lagi untuk menjaga suhu agar tetap stabil. Jadi isilah kulkas sesuai dengan kapasitasnya.
  2. Jangan memasukkan makanan atau minuman yang masih panas, karena hal tersebut dapat menimbulkan perubahan suhu lemari es. Suhu panas dari makan atau minuman tersebut akan memaksa kulkas bekerja lebih keras untuk menstabilkan suhu dingin di dalam kulkas. Sebaiknya makanan atau minuman panas disimpan dulu di luar dan baru dimasukkan ke dalam kulkas pada suhu ruangan.
  3. Pastikan pintu lemari es selalu tertutup rapat, hal ini dikarenakan suhu kulkas jauh lebih dingin dari pada suhu ruangan sehingga sangat penting untuk memastikan pintu kulkas selalu tertutup rapat untuk menjaga kestabilan suhu lemari es. Seringkali setelah mengambil makanan atau minuman dari dalam kulkas kita meninggalkan dan membiarkan pintu kulkas tertutup dengan sendirinya tanpa memeriksa apakah pintu kulkas sudah tertutup rapat. Ada baiknya untuk memastikan pintu kulkas selalu tertutup rapat agar lemari es lebih awet dan tahan lama.
  4. Bersihkan kulkas secara berkala, mengingat kulkas adalah alat elektronik yang selalu beroperasi sepanjang hari dan sangat jarang dimatikan, maka sangat penting untuk membersihkan kulkas secara teratur dan berkala baik bagian dalam kulkas maupun bagian luar kulkas untuk menjamin kebersihan dan membuat kulkas tetap higienis. Cara membersihkan kulkas dapat dilakukan dengan menggunakan air hangat yang dicampur sabun cuci piring, kemudian dilap dengan bahan lembut seperti spon atau kanebo.
  5. Letakkan kulkas dengan benar, hal ini sangat penting untuk anda perhatikan karena meletakkan kulkas pada tempat yang salah dapat mengurangi kinerja kulkas atau bahkan dapat menimbulkan kerusakan pada kulkas. Pertama jangan meletakkan kulkas rapat ke dinding karena dapat mengganggu sirkulasi kondensor, letakkan kulkas sekitar 15-20 cm dari dinding. Kedua jauhkan kulkas dari sumber panas seperti kompor atau terkena sinar matahari langsung. Seringkali kulkas diletakkan di dapur karena mempermudah dalam hal pengambilan bahan-bahan makanan saat memasak, hal ini tentu tidaklah salah asalkan jauhkan kulkas dari area kompor karena suhu panas kompor dapat mengurangi kinerja kulkas.
  6. Bersihkan kondensor secara berkala, salah satu bagian terpenting dari kulkas untuk dibersihkan adalah kondensor yang terletak di bagian belakang kulkas, membersihkannya secara teratur dari kotoran dan debu sangat berguna untuk membantu kulkas memaksimalkan proses pelepasan panas. Jangan lupa untuk mematikan kulkas terlebih dahulu sebelum membersihkan kondensor untuk menghindari bahaya setrum.
  7. Membersihkan freezer sesekali, dengan cara melelehkan bunga es. Seringkali jumlah bunga es yang banyak dan kadang keluar dari freezer menyebabkan pintu freezer sulit ditutup karena terganjal bunga es yang membeku dan apabila ini dibiarkan maka suhu freezer yang lebih dingin akan bocor keluar ke ruang kulkas. membersihkan freezer membantu menjaga keseimbangan suhu di dalam lemari es, hal ini dapat dilakukan dengan mematikan kulkas agar suhu kulkas meningkat dan bunga es meleleh, setelah selesai dibersihkan kulkas dapat dinyalakan kembali.
  8. Saat listrik padam jangan terlalu sering membuka kulkas, hal ini dapat menyebabkan suhu dingin kulkas keluar sehingga semakin sering dibuka suhu dingin di dalam kulkas kian berkurang. Sedangkan dalam keadaan tertutup suhu dingin di dalam kulkas dapat bertahan lebih lama walaupun kulkas dalam keadaan mati. Jadi sebaiknya hindari membuka kulkas terlalu sering saat listrik padam.
Baca juga : 5 merk kulkas 1 pintu terbaik dan hemar listrik di Indonesia

Demikian beberapa tips dari blog-gandrung tentang CARA MERAWAT KULKAS yang baik dan benar, apabila anda melakukan semua tips tersebut di atas maka dapat dipastikan lemari es anda akan lebih awet dan tahan lama. Mengingat kulkas sudah menjadi salah satu kebutuhan penting dalam peralatan rumah tangga saat ini, maka menggunakannya secara bijaksana, menjaga dan  melakukan perawatan kulkas merupakan hal yang penting agar kulkas tidak cepat rusak dan memiliki masa pakai yang lebih panjang.

Bagaimana menurut sobat blog-gandrung semua..? Apabila ada pendapat atau tambahan , silahkan gunakan kolom komentar untuk saling berbagi.

COMMENTS

Name

Berita,1,Gaya Hidup,5,Hobi,1,Ilmu Komputer,2,Inspirasi,2,Kesehatan,7,Teknologi,3,Tips dan Trik,7,Ulasan,4,
ltr
item
Blog ragam info, ulasan, tips dan trik, hobi dan hal menarik dan inspiratif lainnya.: Tips Cara Merawat Kulkas Agar Awet dan Tahan Lama
Tips Cara Merawat Kulkas Agar Awet dan Tahan Lama
Mau tahu supaya kulkas di rumah awet dan tahan lama? Begini tips cara merawat kulkas dan perawatan kulkas yang benar.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgSuAuAXoaADlPaWlA4nud4GdWUNPAswAjAgNXtU6IqWF9UK49aeq2BkyMh5dZHvvz83stsnqnMRdo8stJT8EUZEMDKiCxNpqhTI8d2Coo4TLXa7aXXeqmD6UWlz4nMWS7V-bNvXYOghg/s640/cara-merawat-kulkas.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgSuAuAXoaADlPaWlA4nud4GdWUNPAswAjAgNXtU6IqWF9UK49aeq2BkyMh5dZHvvz83stsnqnMRdo8stJT8EUZEMDKiCxNpqhTI8d2Coo4TLXa7aXXeqmD6UWlz4nMWS7V-bNvXYOghg/s72-c/cara-merawat-kulkas.jpg
Blog ragam info, ulasan, tips dan trik, hobi dan hal menarik dan inspiratif lainnya.
https://blog-gandrung.blogspot.com/2018/07/tips-cara-merawat-kulkas-agar-awet-dan.html
https://blog-gandrung.blogspot.com/
https://blog-gandrung.blogspot.com/
https://blog-gandrung.blogspot.com/2018/07/tips-cara-merawat-kulkas-agar-awet-dan.html
true
1502485339729524609
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy