Terbaru$type=carousel$cat=0$cols=4$ico=1$va=0$show=home

Teror Virus Corona, Kenali dan Waspadai Gejala Serta Akibatnya!

Apa itu virus corona, bagaimana gejala, penyebaran dan pencegahannya. Mari simak ulasannya disini!

Koronavirus

Di awal tahun 2020 ini warga dunia diguncang oleh teror wabah virus pernafasan yang menyebar dari Tiongkok. Wabah penyakit pernafasan internasional yang disebabkan oleh Virus corona atau dikenal dengan Novel Coronavirus (2019-nCoV) sampai artikel ini ditulis menurut otoritas kesehatan Cina sedikitnya sudah menewaskan 80 orang dan membuat sakit sekitar 3000 orang, sebagaimana ditulis di The New York Times. Sebagian besar dari mereka yang terinfeksi tinggal di Wuhan, sebuah kota berpenduduk 11 juta di Cina tengah, atau baru-baru ini bepergian ke sana.

Berkaitan dengan hal tersebut Pejabat di Cina sudah menutup jaringan transportasi dari dan di dalam kota Wuhan dan kota-kota lain yang terkena dampak. Sekolah telah ditutup di daerah yang terkena dampak. Penjualan paket wisata dari Tiongkok ke negara lain telah terhenti. Berbagai atraksi dan festival utama telah ditutup, seperti juga bioskop. Hal ini tentu saja untuk mencegah dan mempersempit penyebaran virus corona.

Infeksi virus corona saat ini sudah semakin menyebar sampai ke 13 negara di dunia, yaitu : Cina, Jepang, Prancis, Australia, Amerika Serikat, Kanada, Nepal, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Thailand, Taiwan, dan Vietnam.

Apa Itu Virus Corona?

Virus Corona atau Novel Coronavirus (2019-nCoV) adalah virus baru penyebab penyakit pernafasan yang muncul pertama kali di kota Wuhan Cina. Novel Coronavirus merupakan satu keluarga dengan virus penyebab penyakit SARS dan MERS yang terkenal mematikan, pertama kali terdeteksi pada tanggal 31 Desember 2019. Dinamai virus corona karena paku-paku yang menonjol dari selaputnya menyerupai corona matahari.

Bagaimana Penyebaran Virus Corona?

Novel Coronavirus (2019-nCoV) diduga bersifat zoonosis yang penularannya terjadi antara hewan dan manusia. Namun seiring dengan bertambahnya kasus, pemerintahan Cina mengkonfirmasi bahwa telah terjadi penularan antar manusia. Koronavirus Wuhan kemungkinan besar ditularkan melalui batuk dan bersin, seperti halnya dengan influenza dan virus pernapasan lainnya, kata Dr. Vaishampayan (The New York Times).

Pada 8 Januari 2020, The New York Times melaporkan bahwa para peneliti Cina telah mengidentifikasi virus corona baru sebagai patogen di balik penyakit misterius yang membuat 59 orang sakit di Wuhan. Kasus-kasus itu terkait dengan pasar yang menjual ikan hidup, hewan, dan burung. Pasar kemudian ditutup dan didesinfeksi.

Apa Bahaya Virus Corona Bagi Manusia?

Wuhan Coronavirus dapat menyebabkan seseorang terjangkit penyakit pernafasan akut. Pada kasus yang lebih parah infeksi virus corona dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernafasan akut, hingga komplikasi gagal ginjal dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Bahayanya lagi hingga saat ini belum ada vaksinasi maupun pengobatan spesifik untuk penyakit Coronavirus apapun termasuk Coronavirus Wuhanwalaupun obat antivirus yang disebut remdesivir tampaknya efektif pada hewan.

Ciri-Ciri Terinfeksi Virus Corona

Setelah mengetahui apa itu virus corona dan bahayanya, berikut ini gejala klinis dan ciri-ciri bila terinfeksi virus corona:

  • Demam yang berkelanjutan
  • Batuk, Pilek
  • Gangguan Pernafasan
  • Sakit Tenggorokan
  • Letih, Lesu

Langkah Preventif dan Cara Pencegahan Virus Corona

Pemahaman yang baik, kewaspadaan dini dan menghindari kontak dengan pasien yang diduga terinfeksi merupakan kunci pencegahan yang dinilai efektif. Berikut ini ada beberapa langkah preventif untuk mencegah virus corona, yaitu:
  • Sering mencuci tangan memakai sabun.
  • Gunakan masker apabila batuk atau pilek.
  • Konsumsi gizi seimbang, perbanyak sayur dan buah.
  • Rajin olahraga dan istirahat yang cukup.
  • Hati-hati kontak dengan hewan.
  • Jangan mengkonsumsi daging yang tidak dimasak.
  • Bila mengalami batuk, pilek dan sesak nafas segera periksakan ke fasilitas kesehatan.
Demikian beberapa langkah preventif agar kita terhindar dari infeksi virus corona, sesuai pepatah lebih baik mencegah dari pada mengobati, jadi sebaiknya kita mulai menerapkan pola hidup yang sehat untuk senantiasa menjaga kesehatan tubuh kita.

COMMENTS

Name

Berita,1,Gaya Hidup,5,Hobi,1,Ilmu Komputer,2,Inspirasi,2,Kesehatan,7,Teknologi,3,Tips dan Trik,7,Ulasan,4,
ltr
item
Blog ragam info, ulasan, tips dan trik, hobi dan hal menarik dan inspiratif lainnya.: Teror Virus Corona, Kenali dan Waspadai Gejala Serta Akibatnya!
Teror Virus Corona, Kenali dan Waspadai Gejala Serta Akibatnya!
Apa itu virus corona, bagaimana gejala, penyebaran dan pencegahannya. Mari simak ulasannya disini!
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhcq5CAM4HLsXnwsRtG4XWerw_Bs3Ua6W0fE2aYl8ULig-pqOP_eEME9R-A-kGZfFzsTk6M2LbEuAiYRxdjrE-Dg4AzU1yEENdWVjLbH6CHY1iOG6PTNPu6BPgGx2BViMOcyhwC6pY4TA/s1600/virus-corona.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhcq5CAM4HLsXnwsRtG4XWerw_Bs3Ua6W0fE2aYl8ULig-pqOP_eEME9R-A-kGZfFzsTk6M2LbEuAiYRxdjrE-Dg4AzU1yEENdWVjLbH6CHY1iOG6PTNPu6BPgGx2BViMOcyhwC6pY4TA/s72-c/virus-corona.png
Blog ragam info, ulasan, tips dan trik, hobi dan hal menarik dan inspiratif lainnya.
https://blog-gandrung.blogspot.com/2020/01/virus-corona.html
https://blog-gandrung.blogspot.com/
https://blog-gandrung.blogspot.com/
https://blog-gandrung.blogspot.com/2020/01/virus-corona.html
true
1502485339729524609
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy