Terbaru$type=carousel$cat=0$cols=4$ico=1$va=0$show=home

Apa Itu HTTP dan HTTPS? Berikut Pengertian dan Perbedaannya

Apa itu HTTP dan HTTPS? Anda masih bingung dengan perbedaan HTTP dan HTTPS? Simak pengertian HTTP dan HTTPS serta perbedaannya berikut ini!

perbedaan http dan https

HTTP dan HTTPS merupakan istilah yang mungkin sudah sering kita dengar. Pernahkah anda memperhatikan adanya tulisan http:// atau https:// di bilah alamat browser anda saat akan melakukan browsing atau mengunjungi website tertentu? Pengguna biasa mungkin tidak akan memperhatikan ini tapi baik http:// maupun https:// keduanya merupakan opsi untuk memulai URL atau alamat situs website. Lalu sebenarnya apa itu HTTP dan HTTPS?

Supaya lebih jelas mari simak pengertian HTTP dan HTTPS berikut ini! HTTP merupakan singkatan dari HyperText Transfer Protocol, sedangkan HTTPS adalah singkatan dari HyperText Transfer Protocol SecureSingkatnya, keduanya adalah protokol yang digunakan untuk bertukar informasi dari situs web tertentu antara Server Web dan Browser Web. Lalu apa perbedaan HTTP dan HTTPS? Mari kita bahas lebih lanjut.


HTTP (HyperText Transfer Protocol)

HyperText Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan untuk mentransfer data berupa hiperteks melalui Web antara Browser sebagai client dan Web Server. Karena kesederhanaannya, http telah menjadi protokol yang paling banyak digunakan untuk transfer data dalam bentuk hiperteks melalui Web.

Tetapi proses transfer data yang menggunakan http tidaklah seaman yang kita inginkan. Bahkan pengiriman hiperteks menggunakan http akan menjadi teks biasa dimana siapapun diantara client dan server dapat membacanya dengan relatif mudah jika ada yang mencegat atau meretas proses transfer ini data ini (Man in The Middle Attacks). Transaksi melalui HTTP umumnya menggunakan port 80 atau 8080.


HTTPS (HyperText Transfer Protocol Secure)

HyperText Transfer Protocol Secure (HTTPS) pada dasarnya memiliki pengertian yang sama dengan HTTP hanya saja HTTPS sudah memiliki fungsi keamanan (secure). Ditemukan oleh Netscape Communication Corporation, HTTPS menggunakan Secure Socket Layer (SSL) atau Transport Layer Security (TLS) sebagai sublayer di bawah HTTP aplikasi layer yang biasa.

Kedua protokol tersebut memberikan perlindungan yang memadai dari serangan eavesdroppers (para pencuri dengar) dan Man in The Middle Attacks. Dengan demikian HTTPS memberikan jaminan keamanan dalam Autentikasi server, yaitu memungkinkan browser dan pengguna memiliki kepercayaan bahwa mereka sedang berkomunikasi dengan server aplikasi yang sesungguhnya. 

Transfer data melalui HTTPS akan dienkripsi dan dideskripsi baik halaman yang diminta oleh client (browser) maupun halaman yang dikembalikan oleh Web Server. Hal ini menunjukkan bahwa HTTPS memiliki kemampuan dalam menjaga kerahasiaan dan integritas data. Umumnya port yang digunakan oleh HTTPS adalah port 443.

Protokol HTTPS dapat kita temukan pada situs-situs perbankan, ecommerce, form registrasi, dsb. Sebab di area bisnis inilah rentan terjadinya eavesdropper oleh pihak ketiga. Maka dari itu anda membutuhkan sertifikat SSL, yaitu sertifikat kunci publik yang harus dimiliki oleh Web Server yang ditanam dengan verifikasi identitas pemilik kunci tersebut. Sertifikat kebanyakan diverifikasi olehpihak ketiga, sehingga klien yakin bahwa kuncinya aman.


Perbedaan HTTP dan HTTPS

Setelah membaca panjang lebar mengenai Apa Itu HTTP dan HTTPS, kemudian setelah mengetahui pengertian HTTP dan HTTPS, sedikit banyaknya tentu sudah ada gambaran mengenai perbedaan HTTP dan HTTPS bukan? Untuk lebih jelasnya perbedaan antara HTTP dan HTTPS adalah sebagai berikut:

  • Penulisan URL, pada HTTP URL dimulai dengan "http://" sedangkan pada HTTPS dimulai dengan "https://".
  • Port Yang Gigunakan, HTTP menggunakan port 80 untuk berkomunikasi sendangkan HTTPS menggunakan port 443.
  • Kemanan dan Integritas Data, HTTP dianggap tidak aman sedangkan HTTPS lebih aman karena data terenkripsi.
  • Cara Kerja, HTTP berfungsi di Lapisan Aplikasi dan HTTPS berfungsi di Transport Layer.
  • Sertifikat SSL, HTTP tidak memerlukan sertifikat apapun sedangkan HTTPS memerlukan Sertifikat SSL dalam transaksi.

Kesimpulan

Nah sahabat blog-gandrung sekalian, setelah menyimak semua uraian terkait Apa Itu HTTP dan HTTPS di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa HTTP dan HTTPS pada dasarnya memiliki peranan yang sama dalam mendefinisikan bagaimana suatu pesan bisa diformat dan dikirimkan dari server ke client. Hanya dalam hal ini HTTPS memiliki kelebihan karena memiliki sistem keamanan dengan mengenkripsikan informasi menggunakan SSL dan TLS, sehingga HTTPS memiliki kemanan yang lebih baik dibandingkan dengan HTTP.

COMMENTS

Name

Berita,1,Gaya Hidup,5,Hobi,1,Ilmu Komputer,2,Inspirasi,2,Kesehatan,7,Teknologi,3,Tips dan Trik,7,Ulasan,4,
ltr
item
Blog ragam info, ulasan, tips dan trik, hobi dan hal menarik dan inspiratif lainnya.: Apa Itu HTTP dan HTTPS? Berikut Pengertian dan Perbedaannya
Apa Itu HTTP dan HTTPS? Berikut Pengertian dan Perbedaannya
Apa itu HTTP dan HTTPS? Anda masih bingung dengan perbedaan HTTP dan HTTPS? Simak pengertian HTTP dan HTTPS serta perbedaannya berikut ini!
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhJolLuo3rqNg3KpL0vvd1zYAeQyixMbSTY5D9JpeN3oLG9cPmloT7rUp3LIneYQAQ6pF-PqTzBcyc2Z5HRT-csijLIqgx7kyFeU_Xj57kTeyWsQ4o4hHxmv3K0iprVr_y6xu8Sb-WGzQ/s1600/apa-itu-http-https.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhJolLuo3rqNg3KpL0vvd1zYAeQyixMbSTY5D9JpeN3oLG9cPmloT7rUp3LIneYQAQ6pF-PqTzBcyc2Z5HRT-csijLIqgx7kyFeU_Xj57kTeyWsQ4o4hHxmv3K0iprVr_y6xu8Sb-WGzQ/s72-c/apa-itu-http-https.png
Blog ragam info, ulasan, tips dan trik, hobi dan hal menarik dan inspiratif lainnya.
https://blog-gandrung.blogspot.com/2019/12/apa-itu-http-dan-https.html
https://blog-gandrung.blogspot.com/
https://blog-gandrung.blogspot.com/
https://blog-gandrung.blogspot.com/2019/12/apa-itu-http-dan-https.html
true
1502485339729524609
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy