Terbaru$type=carousel$cat=0$cols=4$ico=1$va=0$show=home

Cara Minum Air Hangat Yang Benar Untuk Kesehatan

A ir minum merupakan hal yang sangatlah penting bagi kehidupan, bahkan 70% kandungan dalam tubuh kita adalah air. Selain berfungsi untuk ...

cara minum air hangat yang benar untuk kesehatan

Air minum merupakan hal yang sangatlah penting bagi kehidupan, bahkan 70% kandungan dalam tubuh kita adalah air. Selain berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah, air juga membantu membawa berbagai nutrisi yang berasal dari makanan ke berbagai organ tubuh melalui jaringan.

Pada tulisan kali ini admin akan berbagi mengenai cara minum air hangat yang benar untuk menjaga tubuh kita tetap sehat. Tapi mengapa harus air hangat? Mungkin pertanyaan ini adalah hal pertama yang terbesit dalam pikiran anda. Pada tulisan sebelumnya admin telah membahas mengenai khasiat minum air hangat setiap pagi untuk kesehatan diantaranya adalah : membantu mencegah penuaan dini, melancarkan sirkulasi darah, mengurangi tekanan darah, memperbaiki kualitas tidur, dan lain sebagainya. Inilah yang menjadi alasan mengapa minum air hangat dipagi hari sangatlah bermanfaat.

Setelah kita mengetahui berbagai khasiat dan manfaat dari minum air hangat, hal selanjutnya yang perlu kita ketahui adalah cara minum air hangat yang benar. Hal ini penting karena jika awalnya maksud kita meminum air hangat ini untuk memperoleh manfaat bisa jadi malah menimbulkan efek yang tidak baik bagi tubuh apabila kita melakukannya dengan cara yang salah.

Lalu bagaimana sih cara yang benar? Berikut cara minum air hangat yang benar untuk kesehatan :


1. Minum Air Hangat Setelah Makan

Masyarakat Tiongkok sudah lama menerapkan kebiasaan minum air hangat setelah makan, hal ini dikarenakan air hangat dapat melindungi organ dalam dan meningkatkan sirkulasi aliran darah. Tapi jangan minum air hangat berlebihan, sisakan ruang untuk udara agar perut terasa lebih nyaman. Lalu bagaimana dengan air dingin? Menurut Susan E. Brown PhD dari University of Michigan, minum air dingin setelah makan tidaklah dianjurkan karena merugikan proses pencernaan. Ketika meminum air dingin energi tubuh untuk mengolah makanan menjadi dingin, hal ini mengakibatkan proses pencernaan berjalan lebih lama dan juga berbahaya bagi sistem pencernaan.

2. Minum Air Hangat Sebelum Tidur

Banyak sekali orang yang menghindari minum sebelum tidur agar mereka tidak perlu repot buang air kecil di tengah malam dan mengganggu tidur mereka. Tapi tahukah anda bahwa minum air hangat sebelum tidur dapat berdampak baik bagi kesehatan, diantaranya:

  • Memenuhi kebutuhan cairan yang hilang, tubuh kita terus menerus kehilangan cairan karena proses berkeringat bahkan disaat tidur sekalipun. Minum air hangat sebelum tidur dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan menjaga sistem penting tubuh di malam hari.
  • Meningkatkan kualitas tidur, dengan meminum air hangat sebelum tidur dapat membuat tubuh dan saraf menjadi lebih relax, mengurangi kecemasan dan meningkatkan mood sehingga hal ini membuat kita dapat tidur nyenyak. Dengan demikian keesokan harinya kita akan merasa lebih segar karena cukup istirahat.
  • Membantu proses detoksifikasi, minum air hangat akan meningkatkan suhu tubuh dalam dan menghasilkan keringat, sehingga sirkulasi darah menjadi lebih baik dan ini membantu proses pembuangan racun dari tubuh.

3. Minum Air Hangat Sesaat Setelah Bangun Tidur

Minum air hangat sesaat setelah bangun dari tidur akan menghangatkan organ-organ tubuh kita, dan dapat melarutkan berbagai limbah dari tubuh kita dengan lebih mudah dan mempercepat pemulihan tenaga. Hal ini dapat membantu anda untuk memulai hari dengan lebih segar dan bersemangat.

4. Minum 1 ~ 1.5 Liter Air Per Hari

Meminum lebih banyak air mungkin tidak menimbulkan efek negatif akan tetapi jika anda minum terlalu banyak air akan menimbulkan air yang berlebihan menumpuk di tubuh anda dan ini tidaklah baik untuk proses metabolisme sehingga anda akan lebih mudah gemuk. Kebutuhan air untuk setiap orang bisa saja berbeda bergantung pada kondisi tubuhnya. Sebagai indikator anda dapat melihat dari warna air seni yang anda keluarkan, semakin bening air seni maka semakin baik kadar air di tubuh anda, artinya anda cukup minum. Sedangkan jika semakin kuning air seni anda maka itu menandakan tubuh anda kekurangan air dan anda harus segera minum air untuk mencukupinya.

5. Minum Air Hangat Setelah Anda Mandi

Setelah mandi, minumlah air hangat untuk mengisi kembali air yang hilang dari tubuh anda. Hal ini akan membuat otot-otot menjadi lebih relax dan membantu anda tidur lebih nyenyak.

Kesimpulan

Melihat beberapa manfaat di atas dapat kita simpulkan bahwa cara minum air hangat yang benar dapat mendatangkan manfaat bagi kesehatan tubuh. Bila ini dilakukan secara rutin dan sesuai caranya tidak menutup kemungkinan tubuh kita akan terasa lebih sehat dan segar ke depannya. Jadi tunggu apalagi? Yuk kita mulai!

COMMENTS

Name

Berita,1,Gaya Hidup,5,Hobi,1,Ilmu Komputer,2,Inspirasi,2,Kesehatan,7,Teknologi,3,Tips dan Trik,7,Ulasan,4,
ltr
item
Blog ragam info, ulasan, tips dan trik, hobi dan hal menarik dan inspiratif lainnya.: Cara Minum Air Hangat Yang Benar Untuk Kesehatan
Cara Minum Air Hangat Yang Benar Untuk Kesehatan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgyGOQYAJ9ag6_0aBxmH0veg92V4kdWUja00rwTeWTQsYbe0RI4VIC4lKJY_GtS9n8w96VJ4VV3kUZQbXMUFbwISlOX5cj9ywm-WZ0v7vTSmi58m07wOAgIZ-akkdQmJFRVhIMgGSvV_w/s640/cara-minum-air-hangat-yang-benar.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgyGOQYAJ9ag6_0aBxmH0veg92V4kdWUja00rwTeWTQsYbe0RI4VIC4lKJY_GtS9n8w96VJ4VV3kUZQbXMUFbwISlOX5cj9ywm-WZ0v7vTSmi58m07wOAgIZ-akkdQmJFRVhIMgGSvV_w/s72-c/cara-minum-air-hangat-yang-benar.png
Blog ragam info, ulasan, tips dan trik, hobi dan hal menarik dan inspiratif lainnya.
https://blog-gandrung.blogspot.com/2019/11/cara-minum-air-hangat-yang-benar.html
https://blog-gandrung.blogspot.com/
https://blog-gandrung.blogspot.com/
https://blog-gandrung.blogspot.com/2019/11/cara-minum-air-hangat-yang-benar.html
true
1502485339729524609
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy