Terbaru$type=carousel$cat=0$cols=4$ico=1$va=0$show=home

8 Manfaat Mandi Pagi Bagi Kesehatan Anda

Mandi air dingin di pagi hari ternyata memiliki banyak manfaat. Mau tahu manfaat mandi pagi bagi kesehatan? Yuk simak disini..!

Manfaat Mandi Pagi
Ilustrasi Mandi Menggunakan Shower
Mandi pagi merupakan kebutuhan dan sudah menjadi aktifitas kita sehari-hari sebagai upaya membersihkan badan sebelum beraktifitas seharian. Mandi dengan air hangat di pagi hari terasa sangat menyenangkan karena dapat membuat tubuh kita lebih rileks. Tapi pada kenyataannya mandi pagi menggunakan air dingin selain lebih menyegarkan juga memiliki banyak keuntungan bagi kesehatan tubuh kita. Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai manfaat mandi pagi bagi kesehatan, apa saja manfaatnya? Silahkan sobat blog-gandrung simak beberapa uraian berikut:

1. Mandi pagi dengan air dingin dapat melancarkan sirkulasi darah

Mandi pagi menggunakan air dingin memberikan dampak rasa segar pada tubuh. Suhu air yang dingin akan memberikan efek kejut pada tubuh sehingga meningkatkan detak jantung dan memicu peredaran darah ke seluruh tubuh lebih lancar sehingga organ tubuh menjadi sehat. Manfaat mandi pagi hari juga diantaranya dapat mengatasi peradangan yang terjadi di tubuh dan proses penyembuhan jadi lebih cepat.

2. Menjaga kesegaran dan kelembaban kulit

Mandi menggunakan air panas atau air hangat cenderung membuat kulit menjadi kering. Sedangkan mandi menggunakan air dingin akan terasa lebih menyegarkan bagi tubuh, serta mengecilkan pori-pori sehingga kelembaban kulit dapat lebih terjaga. Dengan demikian kesehatan kulit anda akan lebih terpelihara.

3. Membantu menyehatkan rambut

Manfaat mandi pagi bagi kesehatan yang selanjutnya adalah dapat membuat rambut lebih sehat. Apabila rambut dibilas dengan air dingin saat mandi pagi, ternyata air dingin dapat menutupi kutikula rambut sehingga dapat mengurangi kerontokan pada rambut. Selain itu rambut pun akan terlindungi dari kotoran-kotoran yang biasa menempel pada kulit kepala sehingga rambut menjadi lebih bersih dan sehat.

4. Membantu meredakan stress / depresi

Pada zaman jepang kuno, di kalangan para pendekar samurai sudah dikenal ritual yang disebut dengan misogi, yaitu ritual mandi pagi dengan air dingin. Ritual ini bertujuan untuk membantu membersihkan jiwa sehingga pikiran menjadi lebih tenang dan dapat menjalani hari-hari dengan penuh semangat.

5. Mandi dengan air dingin meningkatkan sistem imunitas

Manfaat mandi pagi menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Virginia Commonwealth University menunjukkan, bahwa mandi menggunakan air dingin secara teratur dapat meningkatkan kadar sel darah putih. Bila kadar sel darah putih dalam tubuh meningkat, maka daya tahan dan kemampuan tubuh dalam melawan virus pun akan semakin meningkat. Manfaat positifnya tubuh akan menjadi lebih prima dan tidak mudah sakit karena daya tahan tubuh selalu terjaga dengan baik. Penelitian ini mendukung penelitian sebelumnya yang dilakukan di Jerman, yang menemukan bahwa individu yang mandi air dingin selama dua menit tidak akan mudah terkena flu dibandingkan mereka yang mandi dengan air hangat.

6. Membantu meningkatkan kesuburan

Salah satu manfaat mandi pagi menggunakan air dingin lainnya adalah memiliki efek positif bagi kesehatan reproduksi manusia, yaitu meningkatkan produksi hormone testosterone pada pria dan hormone estrogen pada wanita. Manfaatnya, kesuburan dan gairah seksual pun akan semakin meningkat.

7. Menurunkan resiko darah tinggi

Menurut seorang hipnoterapis dari The American Board of Hypnotherapy Frederic Premji, mandi air dingin akan menurunkan resiko timbulnya darah tinggi, varises dan mengerasnya pembuluh darah. Hal ini dikarenakan mandi air dingin akan melancarkan seluruh sirkulasi darah ke organ-organ tubuh.

8. Membantu menurunkan berat badan

Apa hubungannya mandi air dingin dengan penurunan berat badan..? Lemak cokelat di dalam tubuh yang berfungsi untuk membantu membakar kalori dalam tubuh akan aktif saat kondisi tubuh sedang kedinginan sehingga dapat menjaga tubuh tetap hangat. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di negara Skandinavia menemukan, paparan suhu dingin pada tubuh dapat meningkatkan kadar metabolisme lemak cokelat hingga 15 kali lipat, hal ini dapat membuat penurunan berat badan sampai kurang lebih 4 kg dalam waktu setahun.

Kesimpulan

Nah.. sobat blog-gandrung sekalian,  demikianlah beberapa MANFAAT MANDI PAGI BAGI KESEHATAN tubuh kita yang dapat admin informasikan pada artikel kali ini. Sekarang pemahaman kita tentang mandi pagi dengan air dingin tidak hanya sekedar rutinitas, akan tetapi terdapat segudang manfaat mandi pagi bagi kesehatan yang dapat kita rasakan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat, sampai jumpa pada artikel-artikel berikutnya dan jangan lupa untuk tetap semangat dan berfikir positif.

COMMENTS

Name

Berita,1,Gaya Hidup,5,Hobi,1,Ilmu Komputer,2,Inspirasi,2,Kesehatan,7,Teknologi,3,Tips dan Trik,7,Ulasan,4,
ltr
item
Blog ragam info, ulasan, tips dan trik, hobi dan hal menarik dan inspiratif lainnya.: 8 Manfaat Mandi Pagi Bagi Kesehatan Anda
8 Manfaat Mandi Pagi Bagi Kesehatan Anda
Mandi air dingin di pagi hari ternyata memiliki banyak manfaat. Mau tahu manfaat mandi pagi bagi kesehatan? Yuk simak disini..!
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhlPCVswemWaL8Vo-e1xWAz4vA47w29qpDh7KJF-L9ic80oy8jB6PD9N9kJQ5F6N0Rm1TWhQenrnkTHCBz67L6EUpkWq5YXrxHUyAvBZVTFh9eaUfqCB2rD9l9XUKjQEtUBl1CrmROj3A/s640/Manfaat-Mandi-Pagi.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhlPCVswemWaL8Vo-e1xWAz4vA47w29qpDh7KJF-L9ic80oy8jB6PD9N9kJQ5F6N0Rm1TWhQenrnkTHCBz67L6EUpkWq5YXrxHUyAvBZVTFh9eaUfqCB2rD9l9XUKjQEtUBl1CrmROj3A/s72-c/Manfaat-Mandi-Pagi.png
Blog ragam info, ulasan, tips dan trik, hobi dan hal menarik dan inspiratif lainnya.
https://blog-gandrung.blogspot.com/2018/08/manfaat-mandi-pagi-hari-bagi-kesehatan.html
https://blog-gandrung.blogspot.com/
https://blog-gandrung.blogspot.com/
https://blog-gandrung.blogspot.com/2018/08/manfaat-mandi-pagi-hari-bagi-kesehatan.html
true
1502485339729524609
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy